Thursday, April 21, 2011

Berbisnis Itu (tidak) Mudah

Judul                     : Berbisnis Itu Tidak Mudah
Penulis                  : Arifin Panigoro
Tebal                     : 165 halaman
Penerbit                : Medco Fondation


Dunia bisnis adalah dunia yang sangat menantang. Dalam dunia bisnis kita akan disodorkan dengan untung rugi yang tak terkerirakan sebelumnya. Bisnis butuh orang-orang yang kuat, yang dapat fokus pada solusi bukan pada masalah.

Arifin Panigoro dalam pengalamannya selama ini dalam menjalankan bisnis besar di Medco, ia memberikan Sembilan poin dalam menjalankan roda bisnis. Pertama, intuisi; memadukan kata hati dan akal sehat. Kedua, kesetaraan; bersikap adil pada lawan sekalipun. Ketiga, kejujuran; jujur itu langgeng. Keempat, percaya diri; yakinkan diri,pengaruhi orang lain. Kelima, jejaring; sejuta kurang, satu lawan jangan. Keenam, tanggung jawab; tunaikan kewajiban, hadapi persoalan. Ketujuh, sumber daya manusia; pilih yang terbaik dan berdayakan. Kedelapan, Inovasi; Berkarya tanpa jeda. Kesembilan, peduli; menumbuhkan entrepreneurship.

Kesembilan poin bisnis itu tentunya merupakan hal yang dirasakan AP selama ini dalam membangun Medco. Medco adalah perusahaan yang bergerak di dunia minyak bumi dan gas. Medco merupakan perusahaan multi nasional papan atas Indonesia yang mengepakkan sayap mulai dari nol sampai sekarang memasuki dunia internasional. Dalam buku ini disebutkan, bagaimana kiprah AP dalam membangun bisnis keluarga tersebut.

Buku ini juga memberikan kita inspirasi atas keberhasilan Medco dan juga apa yang dilakukan Medco paska berhasil tersebut. Bagaimana Medco berkiprah ke dunia bisnis lainnya. Disini menariknya.

Buku ini tidak menjelaskan secara jelas runtutan rekam jejak bisnis AP. Penjelasan dalam buku ini parsial sekali sehingga kita cukup susah menangkap idenya. Hal ini mungkin dikarenakan dunia tulis menulis ini bukan dunia AP. Namun, buku ini cocok sekali menjadi referensi kita yang bercita-cita membangun bisnis dari nol sampai perusahaan besar sekelas Medco. Selamat membaca !!

0 komentar: