Saturday, April 30, 2011

The Crackers, Pendobrak Perubahan

Judul                     : Cracking Zone
Penulis                  : Rhenald Kasali
Tebal                     : 355 halaman
Penerbit                : Gramedia
Harga                    : Rp. 130.000,00

                Pantangan manusia terbesar adalah ketika ia telah berda di comfort zone atau zona nyaman. Di posisi ini kebanyakan manusia merasa puas dan sukar untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi. Ia cenderung tidak mengantisipasi pergerakan incumbent yang senantiasa mengejarnya. Lambat laun kemudian, ia jatuh dan tak bisa bangun lagi.

                Seorang cracker adalah seorang yang tidak puas dengan keadaan. Ia selalu berpandangan beda dengan kebanyakan orang. Visi dia jauh kedepan. Seorang cracker bukanlah seorang leader, namun ia berada satu tingkat di atas leader.

                Buku ini menyajikan bagaiman seorang cracker mengubah keadaan korporasi menjadi lebih baik. Rhenald Kasali mencontohkan bagaimana CEO XL Hasnul Suhaimi menjadikan XL operator kedua terbesar setelah Telkomsel. Dia menerapkan prinsip dan strategi seorang cracker. Ia sangat jeli melihat peluang pasar dengan memanfaatkannya untuk menciptakan suatu inovasi yang tidak terpikirkan oleh operator lain. Tercatat dia di tahun ini mendapat  penghargaan Seluler Award 2011 - Best CEO of The Year dari GSM (Global Selular Media) Group.

                Rhenald Kasali di epilog buku ini memberikan cara bagaimana kita dapat keluar dari perangkap comfort zone. Pertama, ubahlah kebiasaan bekerja dengan cara-cara lama. Kedua, berikan perasaan “it’s me”. Ketiga, tetapkan target yang lebih tinggi. Keempat, ciptakan atau tempatkan diri Anda pada krisis. Kelima, libatkan orang-orang muda dan tarik orang-orang baru dari luar perusahaan. Kelima cara tersebut merupakan prasarat seorang cracker.

                Buku ini terbit setelah adanya penelitian yang intersif penulis dan tim selama dua puluh tahun, sehingga buku ini sangat teruji secara ilmiah. Hal tersebut menjadikan buku ini cocok dibaca bagi kita selaku kaum akademis. Dalam buku ini seringkali kita dapatkan kata-kata asing dan juga quote dari para tokoh manajemen dan juga inventor dunia.

                Karena sangat ilmiah, buku ini saya rekomendasikan bagi teman-teman sesame mahasiswa, pebisnis, para lecture dan juga bagi semua yang ingin menjadi seorang cracker. Selamat membaca !!
               

0 komentar: