Tuesday, April 26, 2011

Saatnya BUMN Go International

Judul                  : Reinvensi BUMN
Penulis               : Djokosantoso Moeljono
Tebal                 : 187 halaman
Penerbit             : Elex Media Komputindo



Perputaran dunia boleh kita katakana sangat dinamis dan cepat. Hal ini menyebabkan tingkat profesionalitas dan kredibilitas semua badan usaha harus diselaraskan dengan kondisi ini. Ini tidak terkecuali dengan BUMN kita. Kita tahu bahwasanya di BUMN kita ada polemik yang menjadikan perkembangan kualitas dan kapasitas BUMN kita menjadi rendah.

Dalam pengelolaan BUMN kita, kekuatan politik sangat kuat. Ini berdampak semakin hilangnya business oriented dalam tubuh BUMN. BUMN geraknya akan merayap dan sangat lama untuk menjadi perusahaan yang kompetitif. Oleh sebab itu, reformasi BUMN untuk fokus pada business oriented mutlak diperlukan.

Djokosantoso Moeljono yang juga mantan CEO BRI di era reformasi memberikan pandangan akan masalah pelik ini. Beliau memberikan empat solusi bagaimana membangun BUMN kelas dunia, yaitu restrukturisasi perusahaaan, privatisasi, menciptakan budaya perusahaan yang positif dan diperlukan kepemimpinan yang tangguh. Keempat hal ini menurut penulis merupakan rukun terwujudnya corporate yang kredibel dan diakui dunia.

Buku ini sangat bagus dibaca oleh kita yang ingin belajar lebih akan manajemen sebuah perusahaan yang sakit terutama BUMN. Penulis membawakan buku ini dengan gaya bahasa akademis yang mudah dimengerti. Disini disuguhkan kutipan dari tulisan para Ahli Manajemen dan Ekonomi dunia sehingga menambah bobot tersendiri dari buku ini. Selain itu pengalaman penulis yang lalang-melintang di dunia akademis dan praktisi BUMN membawa citra yang istimewa dari buku ini.

Di akhir buku ini diberikan petikan pasal-pasal UUD 1945 tentang banyak hal yang ditulis di buku ini terutama tentang BUMN. Inilah yang menjadi penguat argumentasi penulis akan buku ini.

Selamat membaca dan Be Good Corporate our BUMN !!

0 komentar: