Friday, April 29, 2011

Siapakah Alchemist ?

Judul                     : The Alchemist
Penulis                  : Paulo Coelho
Tebal                     : 213 halaman
Penerbit                : Gramedia
Harga                    : Rp. 30.000,00


Katakan pada hatimu, rasa takut akan penderitaan justru lebih menyiksa dari pada penderitaan itu sendiri. Dan tak ada hati yang menderita saat mengejar impian-impiannya, sebab setiap detik pencarian itu bisa diibaratkan pertemuan kembali dengan Tuhan dan keabadian”. (Alchemist)

Seorang pemuda bernama Santiago adalah seorang pengembara. Suatu saat dia pernah bermimpi bahwa ada harta karun di dekat piramida di Mesir. Mimpi itu sudah dua kali dia alami. Ia bertekad untuk menggapai impiannya tersebut dengan semangat yang membara.

Anak ini dengan domba-dombanya mengembara menuju ke Mesir. Anak ini harus melangkahi banyak wilayah dan negara. Di tengah perjalanan anak ini bertemu banyak orang mulai dari raja, pedagang kristal sampai wanita  gurun. Bertemunya dia dengan orang-orang tersebut membuat semangat dia untuk menggapai mimpinya kenduh. Lalu siapakah Santiago? Diakah Alchemist itu?.

Santiago bukanlah Alchemist. Namun dia disaat kegalauan akan mimpinya ia bertemu Alchemist.  Alchemist bukanlah ahli kimia. Ia adalah seorang yang gagah perkasa di tengah padang pasir yang panas. Badannya tegap, besar, mampu mengubah nikel menjadi emas dan mampu memehami bahasa jiwa. Alchemist inilah yang menyelamatkan nyawa anak ini dari pertikaian antarsuku di padang pasir. Alchemist juga mengajari anak ini bahasa jiwa sehingga anak ini dapat menjelma menjadi angin yang menghancurkan perkemahan saat anak ini ditawan.
Setelah berpisah dengan Alchemist, anak ini menjadi sangat bergairah untuk mencapai piramida di Mesir. Ia pun akhirnya tiba di piramida tersebut dan berkat kekuatan jiwanya ia temukan harta karun yang berisi kumpulan emas tersebut.

Buku yang ditulis oleh Paulo Coelho sangat inspiratif. Buku ini dapat menginspirasi banyak orang. Nilai letaknya pada kekuataan jiwa seseorang akan keyakianan terhadap mimpi. Bagaimana mimpi dapat terwujud dengan keyakinan yang begitu utuh. Gaya bahasa buku ini yang merupakan terjemahan dari karya asli cukup bagus. Kita akan dibuat menyelam di dunia nyata ketika sedang membaca buku ini.

Buku ini saya rekomendasian bagi semua pembaca yang hilang semangat, putus harapan dan bersemangat untuk menatap masa depan lebih baik. Selamat membaca !!  



0 komentar: