Monday, May 02, 2011

Anak Seorang Sopir Jadi Direktur di New York

Judul                     : 9 Summers 10 Autumns
Penulis                  : Iwan Setyawan
Tebal                     : 221 halaman
Penerbit                : Gramedia


                Adalah seorang ‘Aku’ adalam buku ini seorang lelaki yang berasal dari kampung. Dia berasal dari kota Apel Batu, sebuah kawasan pinggiran Jawa Timur. Dia hanya lelaki seorang diri. Ia punya tiga kakak dan seorang adik yang semuanya perempuan.

                Background keluarganya adalah keluarga yang tidak mampu. Namun, orang tuanya sangat memperdulikan pendidikan. Kakak-kakaknya semuanya sekolah begitu juga dia. Dia dan saudaranya adalah seseosok pekerja keras dan pandai. Di kelas, mereka memiliki kemampuan rata-rata, sehingga tak jarang mereka diutus di berbagai perlombaan dan juara.

                Novel ini diadopsi dari kisah nyata seorang Iwan Setyawan yang dalam novel ini berperan sebagai ‘Aku’. Setamat dari SMAN 1 batu, Ia melanjutkan studi di Institut Pertanian Bogor jurusan Statistika melalui jalur PMDK. Di lingkungan baru ini semula ia tidak kerasan. Ia sering mengingat-ingat orang tua dan saudaranya di Batu. Ia teringat dengan pengorbanan ayahnya sebagai sopir angkot yang gajinya sangat pas-pasan. Ia pun belajar dengan rajin dengan segala keterbatasan mulai dari uang saku dan juga keadaan kos-kosan yang kumuh. Ia akhirnya lulus sebagai lulusan FMIPA terbaik dengan IPK cumlaude.

                Paska lulus dia bekerja di Nielsen Indonesia sebagai analis. Tak lama kemudia ia pindah ke Danareksa Research Institute. Di dua perusahaan ini dia benar-benar kredibel dan bekerja keras. Ia sering kali lembur. Prinsip dia, ia ingin selesai sebelum waktunya. Beberapa bulan setelah kerja di danareksa, ia direkrut perusahaan Nielsen International yang berpusat di New York City.  Sekali lagi, karena kompetensi dan kerja kerasnya ia menduduki jabatan Director, Internal Client Management.

                Novel ini sangat inspiratif dan memberikan nilai positf bagi Anda. Selama membaca buku ini, Anda akan terhenyuh dan termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Anda akan dibuat malu dengan cerita novel ini. Selamat membaca!



0 komentar: