Tuesday, May 10, 2011

Business For Humanity

Judul                     : Bisnis Sosial
Penulis                  : Muhammad Yunus
Tebal                     : 233 halaman
Penerbit                : Gramedia
Harga                    : Rp. 65.000,00

                Dialah Muhammad Yunus, Pemenang Nobel Perdamaian 2006 yang juga mantan Ketua Jurusan Ekonomi di Chittagong University Bangladesh. Dalam buku Rhenald Kasali Cracking Zone ia layak disebut cracker atas jasa-jasa yang telah dilakukannya. Hati dia tersentuh dengan keadaan masyarakat Bangladesh yang sangat miskin dan menderita. Mereka miskin bahkan boleh dibilang miskin akut. Mereka sehari makan sekali dengan makanan yang jauh dari bergizi, sanitasi rumah mereka yang sangat buruk ditambah dengan keadaan air yang teracuni arsenikum di atas ambang batas.

                Buku ini mengisahkan tentang kisah inspiring seorang Muhammad Yunus dalam mengembangkan bisnis sosial. Ia mendirikan Grameen Bank tanpa mencari laba sedikitpun. Grameen Bank ini berkembang dengan Grameen Danone penyedia yogurt untuk kebutuhan mikronutrien warga, Grameen Veolia Water sebagai penyedia air bersih dan juga yang lainnya. Hal ini dimaksudkan semata-mata untuk membantu warga Bangladesh. Perlu diketahui Bangladesh adalah termasuk negara termiskin di dunia pada saat itu.

                Hal yang menarik dalam buku ini adalah bagaimana Muhammad Yunus membangun bisnis sosialnya. Bagaimana ia harus menghadapi banyak kendala dan hambatan. Selain itu juga dikisahkan bagaimana beliau menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan terkemuka di dunia seperti Danone dan Adidas. Menariknya disini, beliau bisa meyakinkan banyak pihak akan bisnisnya mulai dari kalangan akademisi sampai praktisi dan eksekutif handal. Hal inilah yang membuat ide ‘cerdik’ beliau dikenal bahkan diadopsi oleh banyak pihak dan kalangan di seluruh dunia.

                Buku ini adalah buku terjemahan dari karya asli Muhammad Yunus ‘Building Social Business’ sehingga terasa kurang enak saat dibaca. Ini dikarenakan gaya bahasanya sangat formal dan cenderung kaku. Namun keseluruhan isinya sangat inspiring dan cocok dibaca bagi Anda yang menyukai perubahan yang nyata di dunia ini. Selamat membaca !

0 komentar: