Friday, May 06, 2011

Mr. Breakthrough

Judul                    : Rizal Ramli ; Lokomotif Perubahan (Ebook)
Penulis                 : Rizal Ramli
Tebal                    : 228 halaman


DR Rizal Ramli; Mr Breakthrough
                Buku ini mengisahkan perjalanan sang ekonom ulung DR Rizal Ramli dalam kiprahnya memperbaiki perekonomian Indonesia. Beliau mengisahkan upaya-upayanya dalam penyehatan lembaga strategis ekonomi negeri ini. Berbekal aktivis ITB tahun 70-an, Ia pun tak takut sedikitpun dengan banyak ancaman yang menghadang dia saat mengimpementasikan gagasan revolusionernya. Publik kemudian menjulukinya sebagai Sang Penerobos atau dalam istilah Inggris disebut Mr. Breakthrough.

               Kiprah DR Rizal Ramli terbukti sangat positif dalam memperbaiki kemrosotan perekonomian bangsa ini. Diawal reformasi RR mendapat kepercayaan sebagai Ketua Bulog. Disinilah Ia mengobrak-abrik sistem konvesional Bulog. Ia dengan berani mencopot beberapa pejabat yang tidak kompeten, mensidak secara langsung praktik penjualan beras ditingkat petani dan juga merevaluasi impor beras dari asing yang sangat merugikan petani.

                Kredibilitas RR yang sudah teruji tersebut menjadikan dia dipercaya dalam Kabinet Gus Dur sebagai Menko Prekonomian dan kemudian Menteri Keuangan. Di sinilah citra dan peran RR semakin menonjol. Dia banyak melakukan gebrakan baru yang controversial namun berbuah manis. Diantaranya tidak dibawanya Mafia Brekeley semacam Widjojo dalam Forum Negara Kreditor, CGI di Tokyo padahal reputasi Widjojo dimata Orba adalah pelobi yang kredibel dan kompeten.

                Angin perubahan juga dibawa RR ketika menjabat Komisaris Utama PT Semen Gresik tahun 2006. Ia dapat memperbaiki kinerja SG dari banyak lini. Ini menjadikan SG menduduki peringkat 7 BUMN terbaik, padahal sebelumnya selalu keluar dari 20 besar. Sayangnya, karena RR banyak mengkritisi kebijakan ekonomi pemerintah seperti kenaikan BBM, RR pun dicopot dari jabatan tersebut.

                 Langkah yang berani dari seorang RR patut kita acungkan jempol. Kita terutama generasi muda selayaknya mencontoh kiprah dia menjadi seorang professional dan intelektual negeri ini. Bagaimana ia membuat gebrakan tiada henti untuk menjadikan negeri ini menjadi lebih baik. Dia akhir buku ini Anda akan melihat langkah-langkah konkrit yang akan dilakukan RR dalam membangun Indonesia menjadi lebih bermartabat jika ia terpilih menjadi presiden di pemilu 2009. Langkah ini sangat beda dan fenomenal dibanding dengan Capres lainnya.

                Buku ini sangat saya sarankan bagi Anda yang ingin menciptakan perubahan dimanapun dan kapanpun.  Selamat membaca !

0 komentar: