Sunday, June 05, 2011

Berbahagialah Orang Yang Ditagih Utang

Saya bingung sekali dengan para pengutang. Biarpun mereka orang dekatku seperti teman asrama, kuliah dll tapi ketika kuingatkan mereka untuk membayar hutang kok berat banget mereka ya. saya tidak terlalu mempersoalkan nominalnya tapi cuman trust mereka gitu. Mereka kebanyakan terlalu menyepelekan utang. Pengennya ikhlas aja. 

Saya pernah menagih utang pada serang teman, tapi nadanya ditinggiin gitu. Bilangnya dia dah bayar, padahal seingatku belum. Aku pun akhirnya harus ikhlas. Tapi moga ikhlasku derajatnya sama dengan ikhlas tanpa paksaan keadaaan.

Tulisan ini sebenarnya untuk mengajak bagi teman-teman yang menyepelekan utang. Saya ingin sekali lingkungan saya adalah orang-orang yang bertanggung jawab. Biarpun utangnya seribu ato lebih sedikit dari itu, ya harus bayar. Jangan inginnya ikhlasin, ikhlasin gitu.

Orang yang ditagih adalah orang yang diingatin atas bahaya akherat. Diriwayatkan bahwa orang yang punya utang paska dia mati akan ditanyain tentang utangnya tersebut oleh malaikat. Jika keluarga atau orang terdekatnya tidak bisa jamin, bisa dipastikan ia akan mendapatkan siksa oleh malaikat. Na'udzubillah.

Terakhir, apabila aku masih punya utang pada kamu, dia, mereka, aku minta banget kamu yang tahu ngingetin. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab, karena pribadi seperti itu cermin manusia dewasa. Moga kita diselamatkan oleh Allah dari siksa neraka. Amiin

0 komentar: