Thursday, June 02, 2011

Kekuatan Bekerja Cerdas dan Keras

Judul                     : MYELIN
Penulis                  : Rhenald Kasali
Tebal                     : 346 halaman
Penerbit                : Gramedia
Harga                    : Rp. 100.000,00

  
Kita kebanyakan menempatkan brain memory (otak) di singgasana yang paling atas sebagai kunci keberhasilan. Kita mengesampingkan ada satu memori lagi yang sangat berpengaruh. Dia adalah muscle memory (otot). Kombinasi dari keduanya akan dihasilkan suatu output kerja yang cerdas dan berhasil.

Myelin adalah insulator pembungkus sel saraf yang merupakan muscle memory. Semakin sering seorang menempa dirinya dengan latihan dan bekerja keras, semakin tebal pula myelin mereka. Inilah yang terjadi pada seorang businessman sukses, artis terkenal, atlet terkemuka dan para orang hebat lainnya.

Sukses Blue Bird dan WIKA

Dalam buku ini akan diceritakan banyak mengenai dua perusahaan swasta dan BUMN ini. Kedua perusahaan ini menjadi sesukses sekarang adalah karena keduanya berhasil menempa myelin setebal-tebalnya.

Blue Bird bergerak di bidang jasa transportasi taksi sedangkan WIKA bergerak di bidang kontruksi dan instalasi listrik. Blue Bird pada awalnya perusahaan keluarga dan hanyalah melayani tamu hotel tertentu. Namun seiring berjalannya waktu, para founder father berkali-kali pergi ke Pemprov DI Jakarta untuk meminta izin operasi. Ini berlangsung lama sekali, namun mereka selalu pantang menyerah dan akhirnya diizinkan juga. Pada awalnya perusahaan ini hanya memili beberapa armada saja. Perusahaan ini kemudian menambah armada dan cakupan wilayah operasi ke banyak kota besar di Indonesia. Kekuatan perusahaan ini terletak pada trust dan service yang diterapkan pada setiap pengemudi. Juga perlakuan istimewa kepada para sopir yang menjadikan blue bird menjadi tagline bagi calon konsumen taksi di Indonesia.

WIKA pada mulanya bergerak di bidang instalasi listrik dan hanya melayani kebutuhan PLN. WIKA adalah salah satu BUMN. Namun, dengan kekuatan para pemimpinnya, WIKA memberanikan diri bergerak di dunia kontruksi. Berkat kekuatan dan kebulatan visi dari para pelaku WIKA termasuk para pimpinan dan karyawan, WIKA eksis sampai sekarang dan menjadi salah satu perusahaan kontruksi terbaik di Asia Tenggara. Bebagai proyek yang pernah dikerjakan diantaranya Jalan Layang Pasoepati Bandung, Jembatan Suramadu Jawa Timur dan juga proyek jalan raya ratusan kilometer di Aljazair. Kekuatan perusahaan ini terletak pada kreativitas yang diberikan seluas-luasnya kepada para pelaku perusahaan termasuk karyawan. Selain juga, disiplin dan professional dalam bekerja juga menjadi kunci suksesnya perusahaan ini.

Intangibles buah mengasah myelin

Saat kita telah melakukan inovasi dan latihan yang terus menerus, myelin kita menjadi tebal dan selanjutnya akan tercipta intangibles. Intangibles  inilah yang menjadikan kita lebih enjoy dalam melakukan sesuatu. Kita akan lebih mudah dan suka dengan pekerjaan yang kita geluti. Hal positif inilah yang menjadikan kita memperoleh output yang maksimal.

Intangibles ini tak bisa diukur. Orang yang melihat seseorang sukses, hakekatnya menurut kacamata seseorang itu, ia belum sukses. Ia terus memiliki visi dan rencana matang ke depan. Hal ini berdampak pada keseharian dia selalu semangat dan bekerja keras. Baginya ia akan terus menerus melakukan inovasi dan perbaikan untuk mencapai visi barunya.

Epilog

Buku ini pelengkap dari buku-buku Rhenald Kasali yang terdahulu yakni Change!, Cracking Zone, dan Re-Code Your Change DNA. Buku ini pada intinya berbicara tentang kekuatan perubahaan. Oleh karenanya buku ini sangat cocok di baca oleh setiap individu yang menginginkan dirinya terus-menerus berubah menjadi lebih baik.

0 komentar: