Saturday, June 04, 2011

Mengapa harus Industri ??

Sepanjang hari ini di ITB diselenggarakan 'Sarasehan ITB 2020 and Beyond'. Acara tersebut membahas peran ITB-Industri-Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan ekonomi Indonesia yang mapan dan dapat bersaing dengan pasar global.

Yang saya soroti di sini kok visinya menjadi negara industri ?. Saya tak habis pikir kok industri gitu, padahal melihat potensi Indonesia saat ini tentunya pertanian dan perikanan yang dapat dimaksimalkan. Jika keduanya ini menjadi concern, pemerintah tinggal melakukan pengembangan teknologinya serta manajemen yang tepat. 

Sinergi antara Pemerintah kepada Perguruan Tinggi atau juga Industri kepada Perguruan Tinggi untuk saat ini sangat rendah. Pada masa sekarang institusi-institusi tersebut bergerak sendiri-sendiri. Kita tunggu pada 2020 akankah masih tetap seperti ini atau mengalami peningkatan yang signifikan.

Mengamari acara sarasehan tadi, saya cenderung pesimis dengan visi ITB 2020 tersebut. Hal itu dikarenakan acara tersebut cenderung cuma paparan dari para pejabat pemerintahan yang kebetulan alumni dan juga dosen sebior ITB yang cuma dijadikan oleh banyak hadirin ceramah saja. Jika kita amati acara tadi, hadirin di bagian belakang ributnya minta ampun. Saya jadinya harus memilih pulang sebelum acara berakhir.

Terakhir, saya appreciate bagi alumni ITB'71 atas bantuannya dalam revitalisasi Taman Ganesha. Juga atas terselenggaranya acara ini oleh MWA ITB. Semoga apa yang dibahas menjadi lompatan sempurna menuju ITB dan Indonesia lebih baik.


0 komentar: