Saturday, August 20, 2016

[MOMEN] Lomba Masak Agustusan 2016

Malam ini begitu spesial bagi warga  RW 15 Sekeloa Selatan Kelurahan Lebak Gede Coblong Bandung. Pasalnya diadakan lomba masak untuk peringati Hari Kemerdekaan RI tahun ini. Istilahnya kalo di kampung saya, "Agustusan". Lomba ini menjadi menarik karena setiap RT mengirimkan 1-2 wakilnya di lomba ini biarpun RT saya, RT 04, berdasarkan penuturan Ibu kostan tidak ada perwakilannya. Terhitung ada 10 tim di lomba ini dengan 2 ibu-ibu per tim.

Lomba ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Agustusan RW setempat yang beberapa lombanya sudah dimulai dari 14 Agustus lalu. Acara ini sendiri dipanitiai oleh anak-anak muda setempat sekitar 20-an orang yang pada malam ini berseragam kaos biru. Rata-rata mereka berusia SMP/SMA. Acara ini diadakan di depan Pos Kamling RW 15 yang letaknya tepat di depan kostan saya. Sementara itu, menu masakan dipilih oleh panitia yaitu nasi goreng. Sampai tulisan ini saya tulis saat ini, ada dua tim yg menyerahkan hasil masakannya di meja dewan juri. Saya lihat ada 5 orang dewan juri yang salah satunya adalah Bapak DKM yang biasanya mengimami sholat.

Bentar lagi waktu lomba akan habis. Musik keroncong yang dinyanyikan oleh Bapak-Bapak berusia sekitar 50-an tahun menjadikan suasana semakin ramai. Anak-anak kecil memaksa masuk lokasi perlombaan yang semula dibatasi oleh tali rafia. Bentar lagi waktu lomba akan habis. Terlihat 7 tim sudah menyerahkan hasil masakan. Semakin lama semakin ramai. Tua-muda mengeluarkan kamera handphone mereka untuk mendomentasikan acara. Menurut pembawa acara, penilaian akan segera dimulai. Pemenang akan dihadiahi Trophy dan bingkisan entah apa isinya (katanya sih sembako). Hihihi. Sekarang, giliran Bu Iis yang memandu dengan lagu dangdut. "Digoyang.. digoyang..". Ada satu lagi warga yang nyanyi sekarang. Kata Ibu kost dari Lamongan katanya. "Joged Maaang ...".

Menjelang pengumuman pemenang, suasana semakin ramai. Warga berkumpul di sekitar meja juri yang di sana berjajaran hasil masakan dari para peserta. Saya kira tak ada dag-dig-dug, wong hampir di sepanjang acara diiringi aneka musik yang dibawakan bergantian dari perwakilan RT. Hehehe. Tiba saatnya dewan juri mengumumkan hasil perlombaan. Bapak DKM mengambil microphone dan menyampaikan hasil penilaian dari kelima juri. Jreeeng, Juara 3 menjadi milik Tim 6, Juara 2 Tim 8, dan Juara 1 Tim 10 dari RT 6 yang berhak mendapatkan Trophy bergilir dari panitia. Secara berturut-turut piala dan hadiah dibagikan oleh perwakilan Juri. Ini menjadi pertanda bahwa acara lomba masak nasgor berakhir. Sementara warga setempat berhamburan meninggalkan lokasi, di saat itulah panitia menyerbu nasgor yang dibuat oleh para peserta. "Asiik.. goyang.. Janji.. Janji..Pilih-pilih saja.. Asiik.. goyang Maang.. ", karaokean dangdut masih berlanjut sampai berita ini ditulis :) 

5 komentar:

siti juniyanti said...
This comment has been removed by the author.
siti juniyanti said...

Warbiasaaahhh😄 izin share :)

siti juniyanti said...
This comment has been removed by the author.
Uruqul Nadhif Dzakiy said...

Woke, sukses ya Panitia :)

kenigia putri said...

Thanks for posting :) #panitianasigoreng wkwkwk.